Pages

Senin, 09 April 2012

Hijab

pict taken from : tifanianglila.com

What is Hijab? Hijab is the kind of clothes that a moslemah wear to cover her body, her hair and any parts of the body which not allowed to be seen by person outside her mahram.
pict taken from : rafaqo.wordpress.com

Tingkatan paling dasar hijab pada umumnya adalah kerudung yang menutupi sampai setengah dada, kemudian jilbab yang menutupi hingga dibawah dada dan hijab yang menutupi hingga ke pinggang. Macam-macam pemakaiannya juga banyak, ada yang secara konservatif dan sekarang juga banyak kerudung tipe gaul. Buat saya pribadi, segala jenis yang gaul atau konservatif itu tidak terlalu masalah asalkan memenuhi syaratnya yaitu menutupi anggota badan yang diharamkan dilihat selain mahram dan pemakaiannya sesuai occasion, yah meskipun saya pribadi lebih menyukai tipe jilbab konservatif dengan tidak terlalu banyak hiasan sana sini yang bikin ribet, warna yang kalem dan ga norak.

Ada yang bilang make hijab  itu susah, berat, panas, ngap dan lain sebagainya. Saya pake kata umumnya disini, habisnya kalo kerudung atau jilbab hanya menunjuk sebagian tipe pemakaian. Sebenarnya hijab ga gitu lho. Kalo hijab dipakai atas dasar hati yang memang cinta kepada Allah, rasanya akan sangat mudah dan malah terasa sangat menyenangkan. Benar lho makenya harus ikhlas, kalo nggak, hijabnya malah jadi fitnah bagi si pemakainya sendiri, kalo udah gitu sayang kan, yang make hijab tapi pakaiannya ketat dan malah menonjolkan lekuk badan si perempuan.
pict taken from : thebeautyofsunnah.wordpress.com

Jadi make hijab itu harus amanah? Iya dong, secara itu adalah bentuk ketaatan seorang hamba kepada Allah. Hukumnya wajib bagi perempuan yang akil baligh atau hukumannya ganjaran 50.000 tahun di neraka untuk setiap tarikan nafas perempuan tanpa hijab. Ngeri ya, tapi hukum Allah adalah jelas, mengikat dan memang mengandung manfaat.
Berikut manfaat hijab :
  • Terhindar dari tatapan mata-mata laki-laki jahil yang ga tau adat dan pandangan ga sopan yang ngeliat badan perempuan ampe gimanaaa gitu. Ga banget deh, bikin jengah.
  • Terlindungi dari kejahatan. Emang bukan jaminan sepenuhnya sih, tapi seenggaknya orang lebih malu dan respek kalo berhadapan dengan perempuan yang memakai hijab penuh.
  • Terhindar dari debu dan segala kotoran di jalan. Beneran loh, coba bandingin ama perempuan yang ga pake hijab, muka, rambut, tangan ama kakinya ditempeli debu yang beterbangan di jalan. Makanya ga salah kalo Rasulullah menyebut kaum muslimin sebagai kaum yang bersih 
  • Lebih leluasa bergerak. Kata siapa hijab bikin pemiliknya jadi letoy dan lambat? Itu cuma perspektif sempit. Hjab bikin lebih bebas bergerak karena ga perlu takut kalo anggota badan yang keliatan secara semuanya ketutupan.
  • Ga repot. Coba deh perhatiin gimana gaya perempuan yang mesti ke mall tapi dandannya naudzubillah tebel, ribet dan lama. Buat styling rambut butuh waktu minimal 30 menit, belum lagi make vitaminnya, make hairspraynya dan blablabla, belum lagi muka yang ditambal pelembab, alas bedak, foundation, concealer, bedak, lipstik, maskara dan macem tambalan palsu lainnya. Kalo pake kerudung misalnya, cuma butuh waktu 5 menit and you are ready to go.
  • Memelihara kesehatan rambut. Dengan pake hijab, rambut terhindar dari panas yang bikin rambut kering, styling yang merusak, dan bebas debu.
  • Memelihara kelembaban kulit. Kulit yang terlindungi hijab bakal terasa lebih lembut, ga kering apalagi pecah – pecah. Terutama aktivitas di bawah sinar matahari yang garang maupun aktivitas perkantoran yang disembur ac yang bikin semriwing.
  • Membawa kedamaian hati. Hijab secara alam bawah sadar jadi pengingat dalam bertindak. Orang dengan hijab bakal lebih hati-hati dalam bersikap dan berkata-kata karena ingat tanggungjawabnya kepada Allah.
  • Menambah kecantikan aura wanita. Perempuan yang pake hijab pasti terlihat lebih adem dibandingkan perempuan yang cantik tapi ga hijab-an. Bener, karena hijab bikin cantiknya jadi beda 
  • Jadi penyelamat di hari akhir. Di akhirat nanti, semua perbuatan kita bakal di pertanggungjawabkan termasuk kaki, tangan dan semua indra yang kita miliki. Bayangin coba kalo anggota badan kita disiksa dengan pedihnya di neraka cuma karena kita lengah dengan perintah dasar yang satu ini. Inget, badan kita bukanlah milik kita semata, ia adalah kepunyaan Allah, jadi harus dikembalikan sebaik Allah memberikannya saat kita lahir.
Dan masih banyak ribuan kebaikan lain dalam hijab. Sebuah perintah sederhana namun besar manfaatnya. Mari tingkatkan ketakwaan kita hanya kepada Allah SWT semata ya!

1 komentar:

Kelas Dosen Jualan mengatakan...

Memang bener2 luar biasa berhijab itu, karena dapat melindungi kita dari orang yg mau berniat kurang ajar ke kita ya mbak. Padahal Sebenarnya aq dulu risih juga kalo pake hijab, tapi ketika pakai hijab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG. saya malah lebih suka karena mukenanya nyaman, lembut dan adem. Makasih ya mbak udah berbagi tips dan ceritanya...

Posting Komentar

Forwarding

Always Looking On The Brightside