Pages

Selasa, 18 Desember 2012

Satu Cinta, Sederhana


Kiluan Bay, Lampung 

Kulangkahkan kaki
Susuri jalan kecil berbatu ini
Seakan panjangnya membentang tak terputus
Hanya aku

Angin sore bisikkan salam lembut ditelingaku
Begitu merdu alunan musiknya
Begitu indah, begitu ceria, kadang juga terasa begitu sedih
Dan aku pun tersenyum
Selami, resapi lapisan demi lapisan suara itu

Lembut dedaunan menyapu jemariku
Salam dariku, wahai jiwa-jiwa hijau nan cantik
Nafasku menyatu bersama untaian pujian kepada alam

Dalam diam yang membawa ketenangan
Jiwaku hanyut dalam hamparan langit biru keemasan
Secercah sinar mentari yang hendak kembali
Terbuai dalam tidur lelapnya
Kugenggam ia meski hanya sesaat
Meski malam kan menjelang

Senja-senja yang sunyi
Hangat yang membaur bersama dinginnya angin
Langkah demi langkah yang takkan tergantikan

Dalam kesunyian kutemukan Ia
Tak perlu ada sepatah kata
Namun aku dapat bercerita padaNya
Dan hilanglah segala lara
Berbagi kisah yang mungkin tak dapat kuungkap
pada seorangpun

Aku merasakan kehadiranNya
Sungguh luar biasa meski hadir dalam bentuk yang sederhana
Betapa cintaNya luas tak berbatas
Kuhanturkan puji syukur ke hadiratNya
Sebuah rasa sayang dari hamba yang tak berdaya

Peaceful Afternoon at Kiluan Bay

Twilight



Deep Twilight

I wrote this poem as the gratitude expression deep within my heart. There were times when i walked alone in Universitas Indonesia. Many times, actually, i walked around UI in afternoon untill it turns to twilight. The view in the sky was undeniably beautiful with swishing wind on my face. And i feel grateful for Allah's bless, that i made it this far. For the uncountable bless, even when it appears as moderate beauty in UI :))

I actually wanted to put picture of UI's sky that turned to twilight, but unfortunately, my camera could not captured it perfectly, besides, it's kinda not romantic putting pictures of UI in  this poem hehehehe. Therefore, i'd like to thank my friend, Yugo Bittriano for allowing me to put his pictures for this poem. The photos were taken in Kiluan Bay, or better known as Lampung's Dolphin Bay. I hope you guys like it ^^


Read Comments

Amarah

Burning Heart

Kadang aku tak ingin berlari
Pun tak ingin peduli
Buat apa? tanya hati kecilku
Ya, biar saja kabut kelabu kenangan itu menyergap
Bagai kepulan asap pekat yang menyesak

Huh! Ejekku.
Hanya ini sajakah yang mampu kau lakukan?
Menghancurkanku dalam diam?
Dalam emosi yang tak pernah terungkapkan
Dalam reruntuhan puing-puing kesadaran

Benar, aku tak peduli
Biar saja cerita lama kembali menyesak ke permukaan
KAU tak lagi bisa menyakitiku
Apa? hanya luka .
Hanya sedih yang selalu kau torehkan
Harapan yang tak pernah tuntas terungkap
Doa yang tak pernah terhenti terucap
dan semuanya............. Puuuuuuuffffff
Lenyap dalam kepulan arus deras

Aku belajar menamengi diriku
Melindungi hatiku yang rapuh
Kau! ya, kau mahluk kejam
Mahluk tanpa perasaan
Yang mengoyak mimpi bahagiaku
Berhias senyum namun menusuk
Dengan topeng kepura-puraan yang sempurna
Membohongi dunia seolah kaulah yang menderita

Mereka tak tahu
Mereka tak melihat, tak merasakan piluku
Dan kau memuntir cerita
Hingga lakumu terlihat baik dihadapan mereka

Sungguh, aku merasa kasihan untukmu
Kurasa kau hanya kumpulan puing-puing bodoh
yang akan rusak terpapar murninya udara nyata
kau dan kebohonganmu.


Read Comments

Selasa, 04 Desember 2012

Over You Part 2

Few days ago i watched this amazing performance by Cassadee Pope, one of The Voice contestants and i was touch by the way her singing. And the song she sang was a song created by Blake Shelton, well...pretty much fit with my feeling.
So i am putting this lyric in my blog, hope you enjoy it :)

Over You 
By Cassadee Pope


Weather man said it’s gonna snow
By now I should be used to the cold
Mid-February shouldn’t be so scary
It was only December
I still remember the presents, the tree, you and me

But you went away
How dare you?
I miss you
They say I’ll be ok
But I’m not going to ever get over you

Living alone here in this place
I think of you, and I’m not afraid
Your favorite records make me feel better
Cause you sing along
With every song
I know you didn’t mean to give them to me

But you went away
How dare you?
I miss you
They say I’ll be ok
But I’m not going to ever get over you

It really sinks in you know when I see it in stone
Cause you went away, how dare you?
I miss you
They say I’ll be ok
But I’m not going to ever get over you



Read Comments

Ehmm.... (Still Not) Over You

These days, weather brings me back to the past. The calm and sometimes stormy day fly me away to the memories...and when i come back to the present time, i realized how things have gone too far. But still i remember the whole thing, as clear as vivid sky. My graduation is approaching and i bend on my knee, defenseless, after all this thing i've been fighting for, they come into dust. 

Just 2.5 years, who thought that it'll be this fast, my dear? you, the impatient guy, and me, the begging girl. But we can't go back to the situation as it was, can we? I feel the swishing wind on my face when i ride the bicycle, trying to run away from all those painful memories.

I wanna run away. Away from you. From memories.
Just....... Hiding
Read Comments

Selasa, 20 November 2012

November

Well, it's been quite sometimes not updating my blog. But yeah, there's nothing i can do about it. Since this november has become a restless month. Really, i have no free time at all. I got to teach from morning to night, helping my lecturer with his project and ultimately i got to finish my Final Project in Universitas Indonesia. Oh Allah, please help me pass the exam soon. Can't wait to graduate from UI. I actually feel a lill bit sad of leaving UI, because this campus has been my second home for 5 years now. So many stories and events had passed my way. So many uncountable lessons that i learn (why suddenly tears almost flowing from my eyes?? :'[ )

One of my lecturer actually willing to be my benefactor / sponsor for my postgraduate in UI, but i also want to have carrier outside, not for a long time, only for two years. I have to answer his question, about me staying under his guidance or walk on my own path. Oh Allah, i really confuse. Please help me determine the decision, A Postgraduate Student or Employee/Entrepreneur??
Read Comments

Kamis, 18 Oktober 2012

Turn It, Snap It, Play With It

Huohoooo.. tampaknya oktober jadi bulan yang produktif buat ngupdate cerita di blog hehehe. Kali ini saya mau share tentang hobi snapshot saya. Pasti pada tau dong snapshot itu apaan, yooo man, snapshot tuh punya nama pasar foto-foto. Nah kalo biasanya saya yang demen di foto, kali ini saya lebih suka memoto objek benda maupun orang yang saya temui di jalan.

Berikut adalah kumpulan foto original dan editan menggunakan picsart, pictsay, retro camera, littlephoto maupun instagram (aplikasi editan foto ada 11 buah hehehe). Please enjoy it. And you can also check my instagram account whitecat04.
*regular camera :




*instagram :



Untuk saat ini saya baru bisa upload sebagian foto yang saya pajang di instagram, untuk foto berikutnya akan menyusul hehe. Have a nice day y'all!!! ^^

Read Comments

Senin, 15 Oktober 2012

The Rare Blood Type

credits to : riaupos.co

Tadi pagi (baru beberapa jam yang lalu), saya membaca posting tweet dari adik kelas saya Esti Septianih, yang nge-RT artikel dari Kompas mengenai golongan darah Rhesus negatif. Setelah baca artikel itu, saya langsung tertarik buat ikut gabung berhubung saya sendiri golongan darahnya O-. Buat readers yang barangkali belum tau, berikut uraian singkat mengenai golongan darah Rhesus.

Rhesus, merupakan penggolongan keberadaan antigen-D yang ditemukan pada kera yang disebut Rhesus pada tahun 1937. Orang yang dalam darahnya mempunyai antigen-D disebut rhesus positif (Rh+), sedang orang yang dalam darahnya tidak dijumpai antigen-D, disebut rhesus negatif (Rh-). Pada jaman dahulu dalam transfusi darah, asal golonganya sama, tidak dianggap ada masalah lagi. Padahal, bila terjadi ketidak cocokan rhesus, bisa terjadi pembekuan darah yang berakibat fatal, yaitu  kematian resipien darah.

Orang yang memiliki golongan darah Rhesus negatif terbilang sangat sedikit di dunia. Untuk penduduk eropa jumlahnya adalah 15%, Asia 5% dan afrika 8%. Maka menjadi suatu hal yang penting untuk mengetahui golongan darah kita mengandung Rhesus atau bukan. Hal yang cukup menyedihkan yaitu jumlah stok darah Rh- yang terbilang sangat sedikit. Padahal kasus kebutuhannya cukup mendesak.

Waktu SMA dullu, ketika belajar tentang sistem sirkulasi di mata pelajaran biologi, banyak dari teman saya yang tercengang betapa sedikitnya jumlah orang dengan golongan darah Rhesus negatif. Buat saya sendiri, penjelasan tentang sistem Rhesus tidak berpengaruh banyak karena saya sudah tahu golongan darah saya sewaktu mengikuti pelatihan Olimpiade Biologi. Ketika mengikuti praktek golongan darah, saya hanya memperhatikan bagaimana teman-teman saya histeris waktu dilukai jarinya untuk diambil darahnya dan ternyata dari sekian ratus teman seangkatan saya, hanya 2 orang yang memiliki golongan darah Rhesus negatif yaitu saya dan teman saya Fadli.

Apa yang menyebabkan kita perlu tahu tentang sistem rhesus? tidak lain demi diri kita sendiri. Bila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dan kebetulan saat itu darah kita ternyata jenis yang langka, membantu kita untuk antisipasi kebutuhan yang mungkin terjadi. Beberapa ratus cc darah sangat berarti bagi orang yang hidupnya dalam tingkat kritis. Saya pribadi sebenarnya belum pernah ikut donor darah karena sewaktu akan ambil darah, berat badan saya tidak sampai batas ijin aman yaitu 48 kilogram (berat badan saya hanya 42 kg). Tapi sekarang saya jadi lebih aware dan siap untuk membantu orang-orang dengan golongan darah sejenis.

Untuk tau info lebih banyak bisa cek di rhesusnegatif.com disana ada banyak info mengenai komunitas rhesus negatif. selain itu juga bisa tau info tambahannya di http://rhesusnegatifindonesia.wordpress.com/ .Mari readers, tingkatkan awareness kita terhadap golongan darah kita. Setetes darah kita dapat menjadi penyelamat bagi orang yang membutuhkan :)

pict taken from : http://ayotradefx.com

Read Comments

Jumat, 12 Oktober 2012

Belajar Dari Khulafaur Rasyidin

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Daripada iseng ga ada kerjaan, yuk nambah dan perdalam ilmu kita, mengenal Islam yang sesungguhnya. Kali ini saya pengen sedikit membahas tentang Khulafaur Rasyidin (yah meskipun dengan ilmu yang pas-pasan tapi semoga tulisan saya bermanfaat bagi siapapun yang membaca).

*What is it Khulafaur Rasyidin??

Khulafaur Rasyidin  (الخلفاء الراشدون) adalah para pemimpin pengganti Nabiyullah SAW setelah Nabi SAW wafat. Umumnya, julukan Khulafaur Rasyidin menunjuk pada 4 orang sahabat Rasulullah yang diangkat menjadi Khalifah (pemimpin umat Islam), akan tetapi ada pula sebagian pendapat oleh para ulama yang menyatakan Khulafaur Rasyidin juga berarti para Khalifah yang kehidupannya sangat lurus sesuai petunjuk Al-Qur'an dan Al-Hadits (Contohnya yaitu Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang dianggap sebagai Khulafaur Rasyidin kelima yang merupakan keturunan Khalifah Umar Bin Khattab).

*Darimanakah Sebutan Khalifah Berasal?
Setelah Rasulullah wafat, para shahabiyah bermusyawarah di Madinah untuk memilih pemimpin umat Islam selanjutnya dan terpilih diantara para shahabiyah yaitu Abu Bakar Ash Shiddiq yang diberi gelar Kahlifatur Rasululllah (penerus Rasulullah). Sejak saat itu, penamaan Khalifah melekat bagi para pemimpin kaum muslimin.


*Kenapa Harus Mempelajari Tauladan Dari Khulafaur Rasyidin?

Raja iblis dalam dialognya dengan Rasulullah berkata'" Seluruh sahabatmu adalah sebesar-besarnya seteruku. Tiada daya upayaku melawannya dan tiada satu tipu daya yang dapat masuk kepada mereka".
Sabda Rasulullah SAW,"Seluruh sahabatku adalah seperti bintang di langit, jika kamu mengikuti mereka, maka kamu akan mendapat petunjuk".


*Pelajaran Dari Dialog Antara Rasulullah dan Raja Iblis

Berikut adalah satu periwayatan tentang pertemuan antara Rasulullah dengan Raja iblis mengenai betapa hebat ibadah dan ketaatan para Khulafaur Rasyidin :

Pertanyaan Rasulullah :
"Hai iblis! Bagaimana seluruh sahabatku menurutmu?"

Jawaban iblis :
"Sayyidina Abu Bakar As Shidiq sebelum bersamamu, aku tidak dapat mendekatinya, apalagi setelah berdampingan denganmu. Dia begitu percaya atas kebenaranmu sehingga dia menjadi wazirul a'zam. Bahkan engkau sendiri telah mengatakan jika ditimbang seluruh isi dunia dengan amal kebaikan Abu Bakar, maka amal Abu Bakar lebih berat daripada dunia dan seisinya. Tambahan pula dia telah menjadi mertuamu karena engkau menikah dengan Sayyidatina Aisyah yang juga banyak menghafal hadistmu.

"Sayyidina Umar Bin Khattab pula tidaklah berani aku pandang wajahnya karena dia sangat keras menjalankan hukum syariat Islam dengan seksama. Jika aku pandang wajahnya, maka gemetarlah segala tulang sendiku karena sangat takut. Hal ini karena imannya sangat kuat apalagi engkau mengatakan, Jika ada nabi pengganti setelah diriku, maka Umar boleh menggantikan aku. Karena beliau adalah orang harapan Rasulullah dan pandai membedakan antara kafir dan Islam sehingga beliau diberi gelar Al-Farouq.

"Sayyidina Utsman Bin Affan aku tidak bisa bertemu dengan beliau karena lidahnya senantiasa membaca Al-Qur'an. Beliau penghulu orang sabar, penghulu orang mati syahid dan menantumu sebanyak dua kali (Dzunnurain). Karena taatnya, banyak Malaikat datang menjenguk dan memberi hormat karena Malaikat sangat malu kepadanya hingga engkau mengatakan," barangsiapa menulis Bismillahirrahmanirrahim pada kitab atau atau kertas-kertas dengan dakwat merah, niscaya mendapat pahala seperti pahala Utsman mati syahid.

"Sayyidina Ali Bin Abi Thalib itupun aku sangat takut karena hebat dan gagahnya ia di medan perang, tetapi sangat sopan santun, alim orangnya. Jika iblis, syaithan dan jin memandang beliau, maka terbakarlah kedua mata mereka karena beliau sangat kuat beribadat serta beliau adalah salah satu orang pertama yang memeluk Islam dan tidak pernah menundukkan kepalanya kepada berhala. Beliau bergelar Ali Karamullahu Wajhahu (Dimuliakan Allah akan wajahnya) dan juga bergelar Harimau Allah dan engkau pula berkata,"Akulah negeri segala ilmu dan Ali adalah pintunya". Tambahan pula, beliau merupakan menantumu, semakin aku ngeri kepadanya.

Subhanallah, begitu dalam kecintaan dan tawadhu para Khulafaur Rasyidin kepada Allah sehingga Raja iblis sekalipun tidak berani mengganggu beliau sekalian. Lalu bagaimana dengan kita? sudahkah kita mencontoh tauladan Khulafaur Rasyidin?

Saya pribadi merasa malu dengan beliau sekalian, mengingat banyaknya kelemahan diri dan dosa serta salah yang saya perbuat kepada Allah. Kadang saya pikir, barangkali saya tidak pantas menjadi tamu surga. Saya malu kepada Allah, kepada Rasulullah, kepada para Shahabiyah... semoga allah mengampuni dosa kita semua termasuk saya yang lemah ini.

Ehhh.. tapi kok malah curhat yaa?? hehhehe. Ya semoga kita semua dapat menjadi pribadi dan bagian dari kaum muslimin yang benar-benar baik dan mampu serta mau menjalankan perintah Allah SWT. Seperti nasihat dosen saya,Pak Engkos Kosasih, "manusia itu ibarat bilangan numerik, berapapun hasilnya akan tetap salah, namun semakin kecil intervalnya maka akan semakin mendekati kebenaran. Manusia tempatnya adalah salah dan dosa namun bukan berarti salah itu tidak bisa diperbaiki. Semakin kecil interval dosa, semakin besar interval kebaikan, semakin kita mendekati menjadi manusia yang bersih". Jadi tidak boleh putus asa dalam mengharap surga Allah, asalkan prasyarat kebaikan dan pahalanya diperbanyak. Semangat Kaum Muslimin!!!!
Read Comments

Selasa, 09 Oktober 2012

When Roads take You To A U-Turn

Curvy Road, Curvy Life



Ever wonder when you have planned everything, and suddenly it was like.. poooooofffffff.. those neat and beautiful plan just go somewhere else beyond your imagination, beyond your reach? You may feel trembling, as if the ground beneath your feet were shaking you so harshly. So now, i'm going to tell you of my experience in helping my students dealing with it.

One of my students, let's call her as YH is a typical neat girl. A girl who planned everything in advance of what she want to reach in the future. So often she thought about it, that she push herself too hard and once she fail, she fell into deep ground and can't find her way back to surface. She already planning to pursue her college in medical school. Become a faithful and truthful doctor. Very good, right? So she thought, in order to reach that, she must gain the biggest five rank in her class. Not just in her class, but as the top three in her school.

She wasn't as hard worker compare to her effort when she was in 10th grade. She told me,"i studied easily, i enjoy everything and i care less of hard work and yet, my score is high enough. And somehow, now, when i try harder i can't reach that score. I am frustrated about that". I told her, life is not always flat. Life has certain variable. Some call it fate, some said it is luck. These variables will determine how your life would be or should be.

I can see her problems clearly. I knew a girl who was just like her. She was pretty much me in the past. I am a person who always planning my future perfectly so i can minimize the risks in future. But i wasn't mature enough. I was so strict to myself that when it all fails, it blinded my eyes. I can't see the lesson behind it or the reason why Allah turn my plan into something else. Dark days shadowing my footsteps. Make me feel like a loser.

                                  

But now, i'm no longer see things that way. As i learn, the road of life is not always straight. It have curves and that's the thing that makes life beautiful. When plans fail, you may frustrated, it's natural and it's okay. But remember, ALWAYS LOOKING ON THE BRIGHTSIDE! Sometimes, your plan is not good for you. All of your imagination of reaching this and that may just an illusion. I thought, got married after college is good enough for me and yet after breaking up with my ex, now i realized, there are a lot of things to reach, tons of things to do, millions of places to explore. I am glad the plan turn the other way, if it's not, i may stuck in marriage life, while opportunities exist without limit to improve myself.

Plan and life could change in matter of seconds. Plan the life but don't rely on it, cause once it fail, it will kill you DO BEST IN EACH THING YOU FACE NOW. This work you do will helps you create the rightest future for you. Take it easy on life and enjoy each curve that Allah create for you. It may seems not the thing you want, but trust me, once the situation got better, you'll praise Allah for HE Knows The Best for you :))

Read Comments

Senin, 01 Oktober 2012

When Plans Need To Be Re-arranged

Well, in my 23 years of living on earth, one of the most important thing i learn is you can't expect life to be too flat or in literally means your life plan may change suddenly and accidentally. Even when you carefully plan your life to certain ways, the x factor is always there. Let's call it as fate.

I am acknowledge myself as a person who carefully arrange each step i take. Because i always believe good preparations bring good result too. But as i learn, God plays a major role in creating the plan to be true or God may change the plan into something else. Or in third alternative, God delayed the plan because maybe it is not the right time to fulfill it.

Recently, i am confuse of what road should i take. I am about to graduate soon from mechanical engineering UI and i actually love to pursue my education to higher level. But then when i read all terms in UI, i found the postgraduate program is pretty expensive, it's about 24 million rupiahs in the first term. If i can finish my program in 2 years, it'll cost me 48 million rupiahs in total. Whoa! Where i can get that lots of money? I can't ask my parents to fund my college nor i have sufficient money.

One of my lecturer offers me to be my financial supporter. But still, i can't rely fully on my lecturer's kindness. I just don't wanna be a free loader. I must be able to stand on my feet. Then i apply for scholarship abroad, but they afford me only half of the school tuition. Oh my.. i feel like my plan slowly shattered into pieces.

And suddenlly when i thinking to add alternatives to my plan, suddenly i came up with some ideas. Well, if i can't pursue my college now, then maybe i should rearrange it. So now, i have a better view on how my llife would be or should be.

1. After graduating from UI, i wanna go travelling to Phuket (a must do!)
2. I will apply for job and hopefully it'll be a good one
3. While maintaining my new carrier, i will take a pastry cooking school in saturday.
4. If it's smooth, then i'll start my own bussiness in pastry. But in short term only as a part time job.
5. Bit by bit, i shall save money to take hospitality and culinary school abroad.
6. After i graduate from school, i gotta open my own store.
7. I quit my job, establish my store and take postgraduate school in mechanical engineering.
8. I work as lecturer and pastry chef, both in two different field. hehhehe.

pastry chef in future!

Wahh, what a plan! I calculate the plan may take two years. But yeah still have no idea of how the future will be, but one thing for sure, i don't wanna work as full time worker. I don't really interesting in that kind of job. Being a lecturer is my main plan, but the side plan is become an entrepreneur in pastry.

I am really hoping to make it come true. May Allah fulfill my plan... Aamin and Insya Allah. :))
Read Comments

Jumat, 28 September 2012

Curhatan Hati Seorang Traveller

Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa......... kuliah sudah kembali dimulai. Saat ini saya sedang menyelesaikan semester terakhir Mechanical Engineering di Universitas Indonesia. Berhubung mesti lulus sidang skripsi, hobi jalan-jalan saya pun tertunda. Skripsi, project dosen dan ngajar menuhin hari demi hari saya yang berharga. Kadang saya udah bosen rasanya ngeliat segala macem angka dan itungan ini.

Temen sekelas saya ada yang ngajakin ke Pulau Umang. Dimana itu pulau berada saya juga ga terlalu tau hehehe. Lagi males googlingnya. Waktu itu temen saya snorkelling di pulau umang bareng istrinya. Bukan ama pasangannya yang bikin saya iri tapi laut dan pantainya. Liburan tuh paling seru ke laut daripada ke gunung. Temen saya bikin rencana jelajah pulang umang dan lanjut ke ujung kulon buat kayaking. Gileeeee, denger rencananya bikin mupeng abis. Tapi pas kita udah kumpul semua dikampus rencananya malah batal soalnya transportasinya belum bisa fix..huhuhuhuhu... aku kecewaaaaaaa... hiks.

Kemaren juga ada temen yang ngajakin jalan-jalan bedua. Ga masalah sih, secara saya udah kenal dia dari lama. Seru kali ya kalo bisa jalan bedua temen ke tempat-tempat baru nan eksotis. Jadi belakangan saya sibuk buat searching tiket dan paket liburan ke luar negeri, yah mumpung paspor juga udah dalam genggaman hehhehe :p.

Ada beberapa tempat yang jadi target saya yaitu Singapura, Brunei Darussalam, Phuket dan Halong Bay. Tapi yang paling menarik hati saya adalah phuket karena phuket udah lama jadi tujuan wisata jadi mereka organizenya udah profesional, almost like bali.Setelah saya itung-itung ke phuket kayanya cuma abis 5 juta, itu udah beres semuanya. Tapi masalah waktunya ini lho yang belum jelas soalnya saya belum tau sidangnya kapan. Yaah apalah daya, niat jalan-jalannya baru bakal bisa terlaksana setelah semua urusan kuliah ini selese. Semoga saya bisa lulus secepatnya dan travelling ke Phuket!! Amin, amin, amin, amin dan aamiiiiinnn...
Read Comments

Sabtu, 22 September 2012

Bungaku, Janganlah Engkau Layu

Hari ini menandai sebuah kejadian yang sangaaaaattt penting. Ga penting-penting amat sebenarnya hehehehe.   Hanya sebuah cerita tentang bunga ^^.

Bunga yang pengen saya ceritain beneran bunga tanaman hidup lho, bukan bunga nama samaran untuk seseorang pada kejadian tertentu. Jadi ceritanya pagi ini ketika sedang nyapu teras rumah, ada seorang bapak - bapak penjual bunga yang lewat. Saya awalnya ga terlalu ngeh, agak ragu - ragu juga mau manggil. Tapi kemudian bapaknya berhenti di depan warung yang jaraknya 7 meter dari rumah. Saya pikir ini kesempatan juga buat nanya-nanya harga bunganya.

Bapak yang jual (saya lupa nanya namanya), bawa banyak bunga mawar dan beberapa perdu yang langsung dibeli ama pemilik warung deket rumah saya (sebenernya saya juga ngincer perdunya -,-). Nah yang tersisa ada bunga mawar kuning batik, bunga perdu kecil dan satu bunga lagi yang saya amati nama bekennya hydrangea. Bunga yang terakhir ini warnanya ijo. Kalo kata pemilik warung, namanya bunga mekar seribu soalnya emang bunganya kecil-kecil tapi banyak.

Harga bunga mawar satunya 15 ribu, bunga putih kecil juga 15 ribu dan bunga hydrangea harganya 25 ribu. Dengan bantuan abang ipar yang orang sunda, akhirnya bisa ngelobi penjual bunganya (secara bapaknya juga orang sunda hehehehe). Akhirnya tiga bunga tadi sukses saya boyong dengan harga 32 ribu ajah. Alhamdulillah. Keinginan beli bunga emang udah ada dari lama. Saya senang berkebun dan nanam macem-macem tanaman. Mulai dari pepaya, sirsak, keladi, tales, anturium, lidah mertua sampe belimbing dan jambu ada di rumah. Tapi saya ga pernah punya tanaman bunga, jadi saya selalu mupeng kalo bertamu ke rumah orang yang ada taneman bunganya.

Selain tiga tanaman tadi, saya juga nanya tentang bunga natal atau nama umumnya poisettia, tapi kalo di tukang bunga namanya khas tuba. Saya suka dengan bunga ini, terlepas dari bunga ini sering dijadiin dekorasi natal atau ga, yang jelas saya jatuh cinta dengan warna flaming red-nya. Very beautiful.

Red Poinsettia

Setelah ngobrol dengan bapak yang jual bunga, baru saya tau kalo numbuhin bunga ini lumayan susah. Perawatannya cukup ribet karena bunganya adalah jenis indoor. Untuk bisa munculin warna merah di daunnya (bunganya sebenarnya warna kuning kecil, yang warna merah adalah daunnya), perlu waktu 7 bulan dan perawatannya ga main-main. Bunganya harus ditutup mulai dari dam 6 sore sampai jam 7 pagi untuk bisa mempertahankan warna merahnya. Kalo ga gitu, warna merahnya bisa pudar, perlu pupuk khusus pula sehingga harga jualnya bisa mahal. Poinsettia ini lebih laku yang warna merah dibandingkan yang putih, ya terutama karena fiery factor tadi. Weeeh, segitunya cuma buat sebuah bunga. Ini bikin saya mikir ulang. Kayanya nanem bunga asoka lebih gampang. Bunganya cerah dan banyak hehehee. 

Satu hal yang saya suka dari hobi bertanam ini yaitu menanam seolah menumbuhkan harapan baru dalam diri saya, like a hope for tomorrow's event. Ada sesuatu yang menenangkan sekaligus menyenangkan dari bertanam. Melihat bagaimana sebuah kehidupan tumbuh, bernyawa tidak hanya dipermukaan tapi juga di dalam tanahnya. Kegiatan tadi pagi bener-bener seru, meskipun cuma saya sendiri di rumah dan sendirian bongkar pot dan gali tanah. Awalnya dibantu si ponakan Razan Isya meskipun akhirnya dia malah sibuk main tanah dan motong-motong gabus hehehe.

Anyway, today is such a beautiful day. Saya belajar banyak tentang bunga dan semakin eager buat melihara bunga. Semoga bila suatu saat saya berkeluarga nanti, saya akan memiliki rumah dengan halaman yang cukup (meskipun saya berharap halaman rumahnya besar hehehe) untuk saya menanam bunga, perdu maupun tanaman obat untuk merawat keluarga saya nantinya. May Allah grant my wish, aamin..

Wahai bungaku sayang, janganlah engkau layu ^^ 

the biggest, hydrangea

I wish i could remember the name of this flower

Mawar Batik Kuning



Read Comments

Minggu, 16 September 2012

Dedicated For Allah

Depok,
September 16, 2012
21.51

Well, i actually got many things in my mind, many stories to tell and to write, but since the time shows a bit late, then i guess i just wanna write simple poem, dedicated to Allah and Rasulullah SAW.

Hard Times, Good Times

I know, i'm just simply an ordinary human
A human who might fall into darkness
If it's not because Your Love pouring on me, Allah...
I might not be able to find my way into Your Light

I made uncountable mistakes
Each day, each hour and probably every second 
i spend on Your earth
Yet, You keep me in Your Guards, in Your Watch

I'm crying deeply in my soul
for the sins i made, the seen ones and the hide ones
I'm begging for Your forgiveness, Dear God
and solemly hopes for Your Guards on The Day of Judgement

When i realized, how i abandoned Your Command
It took me years to realize 
that each of the commands were made to protect me
protect what You gave me as i was born as a girl,
really, i've been dzalim on myself
for not covering what i shouldn't show to people
outside my mahrams

And during those days,
i know about The Great Prophet Muhammad SAW
a man You choose as Leader of the last pilgrims of Islam,
i know, but i don't understand him well
and now, You show me,
a clear view of Prophet's love upon me,
really, i made a fool to none but to myself

How can i ignored, The Prophet
who given his all to save all pilgrims of Islam?
that even on his last breath,
he kept worrying about us,
the future generation of Islam
That the only thing he wished was to save us all
save in Your protection, Your Guard, Your Heaven

Me, this weak human,
Asking for Your apologize, Dear Allah
Please bring us (moslems)  into purity
save us from the fitnah of the world
let us feel Your love
Let us reaching Your Ridha on earth
In the good times and during the hard times

Read Comments

Selasa, 04 September 2012

Satu Doa

Ya Allah, Pemilik Semesta Alam..
Wahai Pemilik 99 Nama - Nama Terbaik,
Sungguh tak ada kuasa yang menyamai Engkau, Ya Rabb
Tidak pula Engkau tertandingi
oleh apapun jua

Aku menemuiMu dalam sembah sujudku
Tak banyak, wahai Al Khabir
Satu pintaku...

Aku memohon padaMu, Ash Syaafi
Sembuhkanlah aku
limpahkan kesabaran dalam menghadapi setiap ujianMu
Sungguh takkan sia-sia setiap rahmat maupun cobaan yang Engkau turunkan
Hanya akulah manusia yang lemah ini
Yang barangkali terlampau mudah berputus asa

Lindungi jalanku Ya Tuhan
Luruskan hatiku, maupun hidupku dalam kecintaan hanya padaMu
Ampuni aku Al Ghaffar
Untuk segala kesalahan, yang terlihat maupun tersembunyi
Jagalah aku, dalam kesucian nuurMu

Sembuhkan aku ya Allah,
Wahai Al Aziz

Read Comments

Selasa, 28 Agustus 2012

The Way I love You



Yesterday, when i make a search for life quote, i found this beautiful quote about love from goodreads.com; a simply beautiful quote :

"I love you without knowing how or when, or from where. I love you simply, without problems or pride; I love you this way because i do not know any other way of loving but this, in which there is no i or you, so intimate that your hand upon my chest is my hand, so intimate  that when i fall asleep your eyes close"
-By Pablo Neruda, 100 Love Sonnets-

Woah..the words are very sincere. But i myself prefer the word deep instead of intimate. Wish that i'll find my other half soon. May God grant my wish.. Amiin..

pict credit to : dytautami.file.wordpress.com

Read Comments

Sabtu, 25 Agustus 2012

Responsibility

Al-Qur'an dan ayat yang terkandung didalamnya sungguh mengandung kebenaran dan tidak bisa dibantah. Kalamullah mencakup segala aspek kehidupan manusia. Kemenangan maupun kejatuhan manusia dalam melawan bisikan syaitan.

Beberapa waktu yang lalu, saya merasa gembira dipercaya untuk membantu dosen, namun seiring banyaknya godaan, adakalanya saya merasa amanah itu sungguh berat. Meskipun saya coba singkirkan, rasa malas menggelayuti pikiran saya dan saya harus melawan dengan segenap hati.

Al-Ahzab ayat 72 menyebutkan :
Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanah kepada langit, bumi dan gunung - gunung; tetapi semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya, lalu dipikullah amanah itu oleh manusia. Sungguh, manusia itu amat zalim dan amat bodoh.

Hidup tidak lepas dari 3 hal: habluminallah, habluminannas dan habluminalalam. Aspek pemberian dan pelaksanaan amanahpun mencakup 3 hal diatas. Oh Allah, sungguh saya takut bila akan mengecewakan dosen saya. Allah, saya takut bila amanah ini yang akan menyeret saya ke neraka nantinya karena saya belum mampu memberikan kinerja yang 100%. Maafkanlah saya, wahai Al Malik. Saya berusaha memberi yang terbaik, namun ada kalanya saya terjebak dalam pikiran saya sendiri. Luruskan hati, pikiran dan iman saya ya Tuhan, sungguh saya tidak mampu menjalani hidup tanpa bimbinganMu.

Forgive me, Allah; forgive me, my lecturer. I will always push my best and try harder.
Read Comments

Rabu, 22 Agustus 2012

Watersport di Bali



Still, more writings about the Island of Gods, this time i am going to give a little bit review about watersport in Bali. This time i wanna write about a full day package of watersport.

Ada tiga cruises utama di Bali yang menyediakan jasa full day watersport yaitu Bounty Cruise, Bali Hai Cruise dan Quicksilver Cruise. Package yang ditawarkan termasuk: transport before and after trip, morning tea/snacks in the beginning of the trip, snorkelling, banana boat, village visit, semi submarine, private pool, canoeing, water sliding, and self service lunch. Disamping package diatas, mereka juga menawarkan sunset dinner untuk corporate, honeymooners dan keluarga.

-Biaya-
Kalau anda hendak memilih Bali Hai Cruise, harga per paxnya adalah Rp 700.000 (or around 70-80 dollars per person), sementara Bounty Cruise adalah Rp 600.000 (or about 60-70 dollars per person)  dan Quicksilver cruise dengan harga Rp 500.000 (or around 50-60 dollars). Lamanya paket biasanya mulai dari jam 9 pagi (berangkat dari Tanjung Benoa) dan selesai jam 16.00 sore.

-Tujuan Wisata-
Baik Bounty Cruise dan Bali Hai Cruise trip menuju Nusa Lembongan, dengan 2 jam berlayar dariTanjung Benoa port. Sedangkan Quicksilver bertujuan ke Nusa Penida, sedikit lebih jauh dari Nusa Lembongan dengan lamanya perlayaran sekitar 2 jam 40 menit.

-Aktivitas-
Ketiga cruise menawarkan paket yang hampir sama, kecuali untuk Quicksilver yang tidak punya water slide dan canoeing maupun kayaking. Dari pengalaman saya, saya lebih cenderung memilih ikut Bounty Cruise atau Bali Hai daripada Quicksilver karena untuk Bounty maupun Bali Hai, jumlah penumpang per boat dibatasi 100 orang sekali trip jadi tidak sesak, berbeda sekali dengan Quicksilver yang memenuhi kapasitas kapalnya hingga 300 orang sekali jalan, sehingga tidak ada cukup ruang untuk masuk di kapal. Penumpang yang apes (termasuk keluarga saya waktu itu), mesti rela duduk diluar sementara cuacanya sangat panas dan tidak ada towel untuk mendinginkan gerah. Very lame. Selain itu untuk urusan kapal juga Bali Hai dan Bounty lebih smooth perjalanannya daripada Quicksilver.

Untuk aktivitas lainnya, selain dari perjalanan kapal diatas, Bounty dan Bali Hai menang telak atas Quicksilver. Dengan derasnya arus di Nusa Penida, saya sekeluarga tidak bisa snorkelling maupun berenang karena terlalu berbahaya. Jadi walhasil seharian cuma bengong liatin laut ga ngapa-ngapain. Mau berenang di poolnya juga ogah secara ada sampah bungkus mie bertebaran didalamnya.Sedangkan Bounty Cruise dan Bali Hai di Nusa Lembongan arusnya relatif aman dan lifeguardsnya siap siaga kalo terjadi segala sesuatu. Mau aktivitas apa aja juga lancar. A totally holiday in the sun.


Kalau anda memilih watersport yang intinya bermalas-malasan silahkan memilih Quicksilver, tapi kalau ingin seru-seruan di laut saya sarankan memilih Bounty Cruise atau Bali Hai. Sebenarnya ada banyak banget kekurangan dari Quicksilver Cruise. Meskipun yang daftar ke Quicksilver banyak, tapi pelayanannya mengecewakan.  Kalo mau di kasi rate bintang-bintangan, saya kasi Quicksilver 2 bintang tapi untuk Bounty Cruise dan Bali Hai saya kasi 4,5 bintang. Tapi serius deh, liburan watersport itu seru banget, yang penting mesti pinter-pinter pilih cruise yang bagus pelayanannya dan sesuai dengan budget pula.

-Quicksilver-
Awalnya udah senyum penuh kebahagiaan dari hotel
just so-so

Gitu nyampe, senyumnya dipaksain (from Quicksilver boat onTanjung Benoa Port)


Panesnya ga boong

View dari Nusa Penida
-Bounty Cruise-
Kapalnya bagus banget
 
Fotonya sama bagusnya dengan aslinya
-Bali Hai Cruise-

Meskipun tidak secantik aslinya tapi lumayan oke


                             
Read Comments

Ways of Transportation in Bali



Simpang Siur in the afternoon

Oh well, continuing my writing about Bali, as a traveller, i consider Bali as an island that's easy to reach. You can enter Bali by bus, airplane, and ship. There are few things to note (esp. for domestic traveller) about coming to Bali :

1. The easiest way to reach Bali is by plane. The flight from Jakarta is pretty much cheap. From my experiences it cost around Rp 300.000 (low season) to Rp 900.000 (peak season), this fare is even less when you made an early booking. The cheapest season is from january through may. I myself prefer to go to Bali at these month because Bali is less crowded, airplanes and hotels fare are pretty low (for example a 4 star hotel in tanjung benoa usually cost 900 thousand rupiahs and in february cost only 500 thousand rupiahs). Meanwhile try to avoid going to Bali in June to December because Bali will be too crowded and the fare of hotels and plane tickets are pretty expensive.

2. Going by bus is also an option. You can take bus from any major city in Java Island and usually the bus also made final stop in Denpasar, the capital city of Bali. The cost is not much of different from airplane. But if you are a tourist on tight budget, this way of travelling can help too. From Jakarta the ticket usually cost Rp 300.000 on peak season.

3. If you are coming from Surabaya or Lombok, you can take the ship. It's a 30 mins sailing from Banyuwangi and 2 hours long from Lombok. The ship fare from Gilimanuk to Banyuwangi is only Rp 6.000 or about 60 cents.

Another things to pay attention is when you already in the island. Bali has limited ways of public transportation. The newest and easiest way to travel around by using Trans Sarbagita, a busway that connect major public interest, from Tabanan, Badung, Gianyar and Denpasar. This bus is very convenient with new armada and great services from the driver's assistant. They willing to help and giving advice so you can get to the place you want. The cost for an adult is Rp 3.500 and for student is Rp 1.500. I love traveling around with Sarbagita since i can't ride motorcycle and can't drive either. Really great helps, esp. when you have this cheap-ex-almost-to-be-husband who are picky to take you around eventough he live in Bali. Yeah.

But if you can drive, that could be an advantage. You can rent car all across Bali. Usually it costs Rp 200.000 for a full day trip (or around 20 dollars). But the cost may increase as type of car you choose and whether you include the driver to take you around.

And lastly, rent a motorcycle is a good options too, esp for those who like to ride freely. The streets in Bali is pretty smooth with great view around. You can rent the motorcycle pretty much from any area in Bali. The cost is Rp 50.000 to 70.000 (or about 5 dollars to 8 dollars) per day. Make sure you can make a good deal with the rent place.

Have a holiday, Enjoy your trip in the Island of Thousand Temples

Sarbagita's Track Map
Inside Sarbagita's bus
Sarbagita's ticket
Ship, out and about to Bali
Airplane as other way to reach Bali



Read Comments

Hanya Untuk Tuhan

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Dear Allah, this is the second letter i write to You as my grateful feeling towards You.

Dear Allah, since You always watching me, i know that You knows best for me. Allah, i surely can't pay for each bless You sent on my path. Eventough my married plan already flushed away, but still You keep showing Your love to me, to this weak person.

Allah, yes, You took him from my side for he may not the best person for me and yet You replace the sadness feeling of losing him by pouring me good friends who always stay beside me, accompany me and making me laugh to forget my sorrow.

Both in my tears and my happiness i found You. I cannot fully express how grateful i am now, but to say alhamdulillah for all the time. Eventough at the same time i have this illness inside of me, but knowing and understanding Your love helps me going through this difficult times. At first, i was afraid of dying, that doctor's judgement of my health. But so far, with my faith in You, i'm sure that i can fight this illness. Just as Your promise, within patient, victory shall exist.

God, You show me so many things, taught me the best lesson through daily events. i will never want to lose my faith in You.You the One i trust, The Best Teacher that guides my life.

I wanna live as a true moslem. To breathe in the air of Your Love. Please forgive me of my sins, Dear Allah. I can't live this life wthout Your light shine on me.

The Oft Merciful and The Oft Forgiving.
The Almighty, Allah, i praise You. Be my witness of my act, God..


Read Comments

Rabu, 01 Agustus 2012

Obat Hati

Apa yang dapat menjadi pengobat jiwa seorang hamba, kalau bukan petunjuk dari Rabbnya? Ya, meskipun perjuangan ini tidak akan mudah, saya akan tetap berusaha, berjuang sekeras mungkin melawan penyakit ini. Segala sesuatu yang datang dari Allah, Allah pulalah yang akan mengambilnya. Allah memberi saya penyakit, maka saya mempercayakan kesehatan saya dalam genggamanNya.

Berikut adalah kutipan Hadits Arba'in ke 19 yang memberi saya inspirasi untuk tetap kuat, tetap tabah dan yakin seutuhnya pada Allah, semoga bermanfaat bagi siapapun yang membaca.


Dari Abu Al Abbas Abdullah bin Abbas radhiallahuanhuma,  beliau berkata: Suatu saat saya berada dibelakang nabi  shallallahu`alaihi wa sallam, maka beliau bersabda:  Wahai ananda, saya akan mengajarkan kepadamu empat perkara: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu, Jagalah Allah niscaya Dia akan selalu berada di hadapanmu. Jika kamu meminta, mintalah kepada Allah, jika kamu memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah sesungguhnya jika suatu umat berkumpul untuk mendatangkan manfaat kepadamu atas sesuatu, mereka tidak akan dapat memberikan manfaat sedikitpun kecuali apa yang telah Allah tetapkan bagimu, dan jika mereka berkumpul untuk mencelakakanmu atas sesuatu, niscaya mereka tidak akan mencelakakanmu kecuali kecelakaan yang telah Allah tetapkan bagimu. Pena telah diangkat dan lembaran telah kering . (Riwayat Turmudzi dan dia berkata: Haditsnya hasan shahih). 

Dalam sebuah riwayat selain Turmuzi dikatakan: Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapatkan-Nya di depanmu. Kenalilah Allah di waktu senggang niscaya Dia akan mengenalmu di waktu susah. Ketahuilah bahwa apa yang tidak ditakdirkan atasmu tidak akan menimpamu dan apa yang menimpamu itulah yang ditakdirkan atasmu, ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran dan kemudahan bersama kesulitan 
dan kesulitan bersama kemudahan). 


Subhanallah.

Read Comments

A Letter To Allah

Dear Allah...

I know, my position in front of You may means nothing, for i simply a low and weak human. I just wish that You will always stay by my side and never let me fall into devilish act. Help me, clean me, bring me into pureness like a rose blossom in dawn for i afraid of Your anger, of Your Hell and i solemnly wishing a path to reach Your heaven.

My Dear God,
I know, You won't give me this illness if its beyond my ability to overcome it. I truthfully believe in You. Please put patience upon me, widen my soul and help me to see things better.

Dear Allah,
I have two side of thoughts. Part of me saying that i gotta fight for my life, i gotta fight for my health, gotta fight for chance to be a better moslem. But on the other side, i really wanna ask You (which i am afraid of), i am really tired of going back, visiting hospital each year. I don't wanna be sick, be as healthy as other people. Why do i have to have this very weak body? I am afraid of this sickness, Dear Allah. I am afraid that it'll cost my life. I don't wanna die yet. I know this is such a horrible and full-of-ego wish, but yes, i am afraid of so little chance in future to improve myself in front of You.

Dear Allah,
This girl, this very weak girl hoping for Your help desperately. I will push 100% effort to overcome this sickness. Please Allah, have a mercy on me. Please strengthen my faith in You. I will not give up for i know You always there, watching my every act.

Help me to find the righteous way to reach Your bless and Your heaven.
Amiin ya Rabbal Alamin
Read Comments

Senin, 30 Juli 2012

Silaturrahim atau.....???

pict taken from :  http://mutiaraputih1508.blogspot.com

Still talking about Ramadhan. Totally a great month not an ordinary month yaa.

Kali ini saya pengen ngebahas hal yang biasa kita jumpai selama bulan Ramadhan. Well, well, well, kalo udah bulan Ramadhan dateng, kita semua pasti pernah dapet undangan buka puasa bareng, entah sama temen sekolah (TK, SD, SMP, SMA, kuliah), temen kerja, temen se-klub, temen ngegaul bareng, dan macem-macem temen komunitas lainnya. Inti maupun ide dasarnya sih baik yaitu mempererat silaturahim saling ketemu mengakrabkan suasana dan ajang maaf-maafan (kalo ketemuannya udah deket a.k.a mepet lebaran :p). Baik ya baik, tapi masalahnya ini acara seringkali berlebihan, bukan dalam kualitasnya tapi mengarah pada kuantitasnya.

Bayangin coba, mulai dari temen sekolah aja ada 5 tingkat kalo kita hitung mulai dari TK sampai kuliah, belum lagi temen komunitas, iya kalo cuma ikut 1 atau 2 komunitas lah kalo sampe yang ikut 5 klub gimana? Mau semuanya didatengin gitu? Bisa habis berapa duit tuh? Terus, gimana tarawehan? Waduh, kasian ama mesjid dong. Dahulunya di zaman Rasulullah mesjid jadi segala pusat kegiatan bukan cuma dakwah, tapi juga musyawarah, kumpul berbagi ilmu dan juga tempat mempererat silaturahim sesama kaum muslimin. Tapi sekarang mesjid seringkali ditinggalkan atau lebih tepatnya dicuekin. Orang - orang lebih peduli buat kumpul dengan teman ketimbang ngumpul di mesjid buat tarawihan bareng. Menyedihkan? Yah begitulah keadaan kaum muslimin saat ini. Kita mengaku sebagai kaum muslim, menghamba pada Allah tapi kita menyia-nyiakan bulan yang penuh ampunan dariNya. Kita lebih seneng buat menghabiskan maghrib sampai isya di mall ketimbang di mesjid. Harusnya, kita bisa menekan jumlah angka buka puasa bareng yang ga terlalu penting ini. Kalo cuma sekedar ngumpul bukan cuma bulan puasa juga bisa.

Saya pribadi tidak bersikap sinis buat segala undangan buka puasa mulai dari temen a sampai z, malah saya berterimakasih dengan teman yang masih mengingat kehadiran saya, hanya di satu sisi saya merasa sangat merugi meninggalkan tarawihan di mesjid. Rasanya amat bersalah sama Allah. Semalu dan ga enak hati ga ikut buka bareng lebih malu dan sedih di depan Allah. Belum tentu amalan 1 hari ini cukup menyelamatkan diri kita 1 hari di Padang Mahsyar tapi kita dengan gampangnya melupakan fakta itu dan menganggap "besok ibadahnya juga bisa". Tapi gimana kalo ga ada hari besok? Gimana kalo nasib umur kita cuma sampai hari ini? Apa kita ga malu menghadap Allah dengan amalan yang pas-pasan atau malah kurang banget-banget? Maka kita butuh kedewasaan pikiran buat menyikapi fenomena buka bareng ini. Daripada sekedar ngabisin waktu kumpul dengan teman, lebih baik ibadah bareng di mesjid. Silaturahim dapet, ibadah juga dapet, iya ga? ^^

Selamat berpuasa readers, have a great day.
May Allah bless us all


Read Comments

An Ugly Truth

Beberapa hari yang lalu, tepat malam pertama ketika puasa tahun ini dimulai, teman saya nge-twit dengan kata-kata seperti ini, "Selamat tiba-tiba soleh dan bijak selama sebulan, people!". Saya tiba - tiba merasa tergelitik dengan kata-katanya. Entah itu bentuk kesinisan, kenyataan yang pahit atau sekedar becandaan.

 Kalo dipikir-pikir, kata-kata temen saya itu bener juga. Berapa banyak coba orang yang "seketika insyaf" ketika bulan Ramadhan tiba. Yang tadinya baju terbuka tiba-tiba jadi tertutup. Yang biasanya kelayapan malem-malem tiba-tiba ikut pengajian di mesjid. Yang awalnya suka ngeluarin segala macam kata-kata umpatan tiba-tiba jadi penuh lantunan Qur'an. Kalo di media sosial orang macem ini update status berisi petuah, hadits maupun  ayat Qur'an, kadang update lagi mau tarawihan di mesjid a atau b, kadang juga update status  buka puasa ama anak yatim dan macem-macem hal lainnya.

Bukannya ga suka, hanya saja menurut saya hal yang tiba-tiba baik semacam itu justru mencoreng kesucian bulan ramadhan itu sendiri. Memang harus diakui di satu sisi orang-orang tersebut patut dihargai atas usahanya menghormati bulan puasa tapi alangkah baiknya bila kebaikan itu terpelihara bukan hanya bulan ramadhan saja, bukan hanya karena euforia sesaat.

Bulan suci memiliki makna lebih dari sekedar menjadi baik, soleh dan bijak, tapi untuk membersihkan diri sebersih mungkin dari dunia yang fana dan penuh tipu muslihat ini menjadi pribadi yang taat, setia dan mencintai Rabbnya dengan sepenuh hati. Rangkaian ibadah yang disunnahkan oleh Nabiyullah Muhammad SAW merupakan bentuk usaha penyucian diri, sebagai refleksi kerendahan diri dan mengakui bahwa betapa diri ini lemah dan hina dihadapan Tuhannya. Adanya bulan Ramadhan juga suatu bentuk kemurahan hati Allah SWTl dimana Ia menyiapkan 1 bulan khusus untuk kita dapat beribadah dengan lebih maksimal menjadi hamba yang setia pada perintahNya. Bekal apa yang akan kita bawa nanti jikalau bukan amalan yang dilakukan saat ini. Menyedihkan apabila segala kebaikan di bulan ramadhan hanya diperuntukkan bagi sifat riya' terhadap sesama.

Hanya 1 bulan terpilih diantara 12 bulan dalam hitungan 1 tahun masa. 1 bulan yang penuh cahaya harapan untuk menghapus dosa yang telah lalu. Mari readers, kita manfaatkan bulan Ramadhan sebaik mungkin sebelum badan ini menyesal di hari kemudian, sebelum habis waktu kita. Semoga Allah berkenan mengampuni segala kesalahan yang telah lalu dan semoga menjadi baik bukan hanya di bulan ini tetapi kualitas ibadah terus meningkat di bulan-bulan lainnya. Amiiin ya Rabbal Alamin :)
Read Comments

Rabu, 25 Juli 2012

Amanah

Setiap langkah kehidupan, apapun kejadiannya, telah tercantum baik dalam Al-Qur'an maupun Al-Hadits. Kali ini saya mau cerita pengalaman sendiri. Cuma untuk sekedar berbagi, ga ada maksud tersembunyi hehehhe.

Alhamdulillah, sejauh ini selama kuliah di UI, saya dipercaya banyak dosen untuk membantu mereka. Tanggapan dari dosen juga cukup baik (kalo di poltek dulu saya "musuhan" ama dosen mesin tapi jadi kesayangan buat dosen energi :p).

Ketika kita push diri untuk melakukan performa terbaik serta antusiasme yang tinggi, akan lebih mudah ntuk mendapatkan perhatian dari dosen. Perhatian disini bukan untuk cari muka lho, tapi tetap dalam konteks untuk belajar lebih banyak. Dosen sangat menghargai mahasiswa yang eager dengan apa yang ada dihadapannya.

Saya pribadi tidak akrab dengan seluruh dosen, tapi sebagian besarnya mengenali saya. Alhamdulillah dari antusiasme itu, beberapa dosen mempercayakan tugas diluar kuliah. Mulai dari tugas menghitung (bikin saya jadi rajin ke perpus), buat ringkasan materi (ini bikin lebih rajin lagi, secara merangkumnya dari banyak buku meskipun ga jarang saya jadi keliyengan saking banyaknya yang mesti disatukan dalam penulisan hehehe), ditugaskan jadi ketua kelas (tugasnya banyak, mulai dari nyiapin spidol, nyari absebsi, absenin temen, ngumpulin tugas, update grup, sms ingetin dosennya, ingetin deadline dsb), dan yang paling baru ini menghitung untuk project dosen pembangkitan daya di RRC.

Alhamdulillah dengan banyaknya kepercayaan ini saya jadi semangat. Menurut saya, kepercayaan itu mahal harganya. Sekali image tercoreng, habislah sudah semua effort yang selama ini dikerjakan. Kepercayaan mendorong saya untuk terus maju "berkarya" lebih baik dan berusaha lebih keras. Saya tidak mau menyianyiakan kepercayaan orang, meskipun saya harus tersandung, terjatuh selama proses pemenuhan amanah tersebut. Yes, i am willing to give you my best performance, Sir.

Ada dua pengalaman yang paling menarik dalam proses penjalanan amanah ini. Pada dosen IIH, saya bukan cuma harus mengurusi kelas tapi diberikan banyak motivasi untuk terus mengembangkan ilmu. Ya, ketika dunia diluar sana begitu luas, kenapa harus berhenti mencari ilmu disini? Baik pak, saya akan teruskan perjalanan mencari ilmu ini.

Sedangkan untuk dosen yang kedua, AS, mempercayakan proyek penelitiannya untuk saya hitung. Pak Dosen malah langsung telp saya untuk meminta bantuan. Saya senang sekali bisa membantu dosen ini, karena mata kuliahnya memang jadi favorit saya, tapi disatu sisi berharap juga semoga bapaknya bisa ngajak saya ke Cina juga buat ikut liat real projectnya. Aaaahhh...tapi entah kapan itu bisa terjadi, saya cuma berharap saja. Yah semoga dengan semangat ini, pintu - pintu menuju masa depan yang cerah terbuka untuk saya. Amiiiinn ya Rabbal Alamin. Semoga Allah memberi jalan kesana.
Read Comments

Rabu, 18 Juli 2012

Maaf dan Memaafkan

Meminta maaf itu lebih gampang daripada memaafkan #sotrue. Buat saya pribadi ada beberapa orang - orang yang belum bisa saya maafkan bahkan ketika waktu berlalu sudah cukup lama. Ini memang salah satu sifat jelek saya. Pendendam.

Saya sadar sepenuhnya ini sifat yang sangat buruk. Saya coba menghapus perasaan ini dengan mengingat kebaikan yang telah dilakukan orang yang saya tidak sukai itu, tapi sekali waktu ingatan baik tadi tercoreng oleh tindakan buruk mereka yang menyakiti hati saya.

Kepercayaan itu mahal harganya. Sekali anda menyakiti seseorang, anda bisa kehilangan hubungan baik dengan orang tersebut. Tidak masalah bila orangnya penuh kesabaran tapi saya pribadi sulit melupakan. Butuh waktu. Tidak sekarang, mungkin 3, 10 atau 20 tahun mendatang untuk memaafkan...
Read Comments

Forwarding

Always Looking On The Brightside