Pages

Senin, 30 Juli 2012

Silaturrahim atau.....???

pict taken from :  http://mutiaraputih1508.blogspot.com

Still talking about Ramadhan. Totally a great month not an ordinary month yaa.

Kali ini saya pengen ngebahas hal yang biasa kita jumpai selama bulan Ramadhan. Well, well, well, kalo udah bulan Ramadhan dateng, kita semua pasti pernah dapet undangan buka puasa bareng, entah sama temen sekolah (TK, SD, SMP, SMA, kuliah), temen kerja, temen se-klub, temen ngegaul bareng, dan macem-macem temen komunitas lainnya. Inti maupun ide dasarnya sih baik yaitu mempererat silaturahim saling ketemu mengakrabkan suasana dan ajang maaf-maafan (kalo ketemuannya udah deket a.k.a mepet lebaran :p). Baik ya baik, tapi masalahnya ini acara seringkali berlebihan, bukan dalam kualitasnya tapi mengarah pada kuantitasnya.

Bayangin coba, mulai dari temen sekolah aja ada 5 tingkat kalo kita hitung mulai dari TK sampai kuliah, belum lagi temen komunitas, iya kalo cuma ikut 1 atau 2 komunitas lah kalo sampe yang ikut 5 klub gimana? Mau semuanya didatengin gitu? Bisa habis berapa duit tuh? Terus, gimana tarawehan? Waduh, kasian ama mesjid dong. Dahulunya di zaman Rasulullah mesjid jadi segala pusat kegiatan bukan cuma dakwah, tapi juga musyawarah, kumpul berbagi ilmu dan juga tempat mempererat silaturahim sesama kaum muslimin. Tapi sekarang mesjid seringkali ditinggalkan atau lebih tepatnya dicuekin. Orang - orang lebih peduli buat kumpul dengan teman ketimbang ngumpul di mesjid buat tarawihan bareng. Menyedihkan? Yah begitulah keadaan kaum muslimin saat ini. Kita mengaku sebagai kaum muslim, menghamba pada Allah tapi kita menyia-nyiakan bulan yang penuh ampunan dariNya. Kita lebih seneng buat menghabiskan maghrib sampai isya di mall ketimbang di mesjid. Harusnya, kita bisa menekan jumlah angka buka puasa bareng yang ga terlalu penting ini. Kalo cuma sekedar ngumpul bukan cuma bulan puasa juga bisa.

Saya pribadi tidak bersikap sinis buat segala undangan buka puasa mulai dari temen a sampai z, malah saya berterimakasih dengan teman yang masih mengingat kehadiran saya, hanya di satu sisi saya merasa sangat merugi meninggalkan tarawihan di mesjid. Rasanya amat bersalah sama Allah. Semalu dan ga enak hati ga ikut buka bareng lebih malu dan sedih di depan Allah. Belum tentu amalan 1 hari ini cukup menyelamatkan diri kita 1 hari di Padang Mahsyar tapi kita dengan gampangnya melupakan fakta itu dan menganggap "besok ibadahnya juga bisa". Tapi gimana kalo ga ada hari besok? Gimana kalo nasib umur kita cuma sampai hari ini? Apa kita ga malu menghadap Allah dengan amalan yang pas-pasan atau malah kurang banget-banget? Maka kita butuh kedewasaan pikiran buat menyikapi fenomena buka bareng ini. Daripada sekedar ngabisin waktu kumpul dengan teman, lebih baik ibadah bareng di mesjid. Silaturahim dapet, ibadah juga dapet, iya ga? ^^

Selamat berpuasa readers, have a great day.
May Allah bless us all


0 komentar:

Posting Komentar

Forwarding

Always Looking On The Brightside