Pages

Kamis, 24 Mei 2012

Dra. Raja Muda Asmida, Guruku Sang Mawar Merah

Red Rose. Itulah julukan yang aku berikan untuk guru matematika yang paling kusukai sepanjang masa, Dra. Raja Muda Asmida. Ahhh...tak terasa sudah 5 tahun sejak aku lulus dari SMAN 1 Pekanbaru, tempatku dahulu menuntut ilmu sebelum pada akhirnya aku melanjutkan kuliah ke Depok. Meninggalkan pulau Sumateraku untuk mengarungi petualangan baru di Jawa.

Bu Asmida, adalah guruku yang unik. Pertama kali aku melihatnya, yang kupikirkan adalah, you don't wanna mess up with this woman..hahahaha. Ia mengenakan kerudung merah yang merupakan warna favoritnya, mengunyah permen pedas dan berbicara tegas. Aku selalu berusaha tampil cemerlang di kelasnya. Meskipun tidak sebaik teman sebangku sekaligus sahabat baikku, Yuli Silvia. Yuli jauh lebih pintar urusan matematika daripada aku, maka aku harus mengejarnya. Bu Asmida tidak tahu bahwa Matematika bukanlah pelajaran favoritku, sebaliknya, Matematika itu bikin mumeetttttt sampe sekarang hehehehe. Bahkan setelah kuliah di UI pun rasa ketidaksukaanku terhadap Matematika tidak pernah hilang (Uuuupppsss....maaf ibu, ini adalah confession yang terpendam dari sejak SMA hehhehe). Kebalikan dengan pendapat Bu Asmida, menurut beliau, Matematika adalah seni. Yah mungkin emang seni rumit hehhehe.

Bu Asmida punya perawakan yang sedang, memakai kacamata, berjalan tegas dan cepat. Dari kelasku yang dulu di lantai 2, kami bisa memantau kedatangan guru-guru ke kelas, nah kalau Bu Asmida udah jalan, beehhh, kaga ada lagi yang berdiri di luar. Semuanya kocar - kacir lari ngabur ke kelas. Gitu sampe di kelas, semua buku udah siap di meja dan sang guru mawar merah pun beraksi. Awalnya Bu Asmida bener-bener mengerikan. Aku sampai ga berani berkutik, ngeliat ibunya aja rasanya serem. Apalagi kalau udah marah, man, bentakannya ngalahin petir terdahsyat yang pernah ada. Aku paling inget Bu Asmida tuh paling sebel ama Sunu secara gaya Sunu selengean gitu.. Nah kalo anak cowo kesayangannya itu si Gege ama Johan. Dan muridnya yang paling cemerlang tentu aja Yuli Silvia. Posisiku : merah otak ampe kering baru dapet nilai lumayan. Itu juga tetep pontang panting belajarnya.

Tapi enaknya setelah beberapa lama, suasana mulai mencair. Ga setegang dulu. Itu karena efek dari Ipie (panggilan buat yuli) yang berani ngecengin balik Bu Asmida. Dulu aku ga habis pikir, kok ada murid sampe punya keberanian nantangin guru kaya gitu. Aku yang duduk di samping Yuli udah ketakutan setengah jiwa hehehehe. Tapi ternyata emang ada tipe dosen atau guru yang killer justru kalo dicengin balik malah jadi ramah dan terbuka. Bu Asmida perlahan-lahan mulai menampakkan senyum (sumpah rasanya miracle banget!). Apalagi pas jaman presentasi. Waktu itu kita semua belum melek ama laptop. Jadilah presentasi pake kertas transparan yang ditulis pake marker warna warni. Presentasi yang paling berkesan pas materi tentang bangun ruang. Macem-macem kreasi yang dibikin ama temen-temen kelasku. But still, mine was Mrs. Asmida's favourite! hehehhe. karena aku dulu suka ngegambar frame mawar sulur dan macem-macem bunga di tepinya. Eversince i made it, it became such a trend..huohoho. Bu Asmida seneng banget ama transparan yang aku bikin. Dia bilang aku kreatif, jadi tampilan presentasinya ga ngebosenin.

Oh God, seneng banget Bu Asmida seneng ama presentasi itu. Bahkan lucunya pas ada inspeksi dan kunjungan mendadak dari Diknas, Bu Asmida sempet panik dan narik presentasi yang aku bikin. Dan kita sekelas pun pura-pura serius (akting depan bapak-bapak Diknas) merhatiin ibunya nerangin pelajaran. 10 menit kemudian si "tamu tak diundang" itu keluar dan kelas kembali rileks. Bu Asmida komentar, " Untung ya ada presentasi ini, cantik hasilnya, ga kaku jadi ngeliatnya juga enak". Oh myyyyyyyyyyy...sumpe de lo, aku rasanya terbang ke langit ke empat (kalo kejauhan nyampe akhirat malah bahaya hehehe :p). I love living in the spotlight and once someone recognize my talents, it feels like i own the world hehehe.

Aku menjuluki Bu Asmida sebagai Guru Mawar Merah karena semangatnya yang berapi-api dalam mengajar dan kalo dihitung-hitung Bu Asmida make baju warna merah 3-4 kali dalam seminggu. It show how she loved red colour ^^. Aku juga suka merah meskipun ga seberani dan sefrontal Bu Asmida yang make merah from head to toe. But yeah, she looks great on red :)

Yup, it's been 5 years, but never once i forget her. Beberapa saat yang lalu saat aku iseng buka blogku ini dan ngecek statistik di dalamnya, aku nemuin banyak page views tentang puisi yang aku buat khusus untuk Bu Asmida waktu kelulusan SMA dulu. Dan aku iseng search nama Bu Asmida and there i found her. Ternyata ibu Asmida juga punya blog alamatnya : http://l2pts.blogspot.com. Well, agak kaget dan aku pun segera mastiin apa itu blog beneran punya Bu Asmida. Awalnya rada ga ngeh liat fotonya, kok kaya ga mirip gitu. But i finally realize, it is her. Tentu aja penampilan Bu Asmida berubah. Udah 5 tahun aku ga ketemu beliau. Seiring bertambahnya waktu semakin manusia termakan usia. But she still her. Masih jadi penyuka warna merah dan berkreasi pantang menyerah. Aku ga tau banyak tentang silsilah keluarganya atau apapun kisah yang terjadi di dalam hidup ibunya and i actually regret it. I should have been more care of my lovely teacher. Anyhow, i still love her and i still proud of what she's been doing, proud that i was her student. MEeting a great person like her is one of the life's beautiful gift.

Dear Mam Asmida...
Thank you for everything, for every lesson you taught me. I wish for Allah to bless your life always and always.

0 komentar:

Posting Komentar

Forwarding

Always Looking On The Brightside