Pages

Jumat, 20 Januari 2012

Syukur

pict taken from : aqisthiaf.blogspot.com


Sebenarnya tidak ada yang spesial hari ini. Tidak ada presiden negara asing atau ilmuwan yang berkunjung ke UI. Juga tidak ada kegiatan kampus atau perkuliahan yang mengharuskan saya ke UI, tapi entah mengapa saya merasa perlu ke perpustakaan.

The crystal of knowledge, begitulah nama resmi perpustakaan pusat UI. Tidak terhitung sudah berapa kali saya mengunjungi perpustakaan ini, khususnya semester lalu. Tugas yang berkepanjangan dan silih berganti memaksa saya menggali informasi yang ada di dalamnya.
Countless times ke perpustakaan tidak membuat saya jengah. Saya mencintai perpustakaan ini, buku-buku tua yang ada di dalamnya dan terutama sekali pemandangan sekitar perpustakaan. Danau salam yang hijau membentang damai, sesekali burung layang-layang terbang ria di atasnya. Ditambah lagi semilir angin menyapa dedaunan di deretan pepohonan di samping balairung.

Indah sekali. Benar-benar indah.

Dan hari ini adalah hari jumat. Benar, tak ada yang spesial, terkecuali faktanya hari jumat selalu membawa ketenangan dan kebahagiaan bagi saya. Saya melangkah dengan hati riang hingga ke FKM, kemudian meminjam sepeda di shelter FKM. Dalam 7 menit dan saya pun sampai di perpustakaan. Kali ini saya mengembalikan novel peter pan dan saudagar buku dari kabul. Sebelumnya ada hal yang mengganggu pikiran saya, petugas perpustakaan menyebutkan judul buku yang saya tak pernah pinjam. Setelah berkonsultasi beberapa lama, akhirnya buku itu dihapus dari daftar peminjaman akun saya. Alhamdulillah, ucap saya dalam hati, bayangkan saja ternyata hari ini adalah hari terakhir pengembalian buku itu. Bila saya tidak mengembalikannya, saya akan dikenai denda dan yang paling parah mengganti buku itu.

Subhanallah walhadulillah, tidak henti saya mengucap syukur pada Allah. Pasalnya, sejak minggu kemaren saya sudah susah payah mencari buku itu tapi tidak menemukannya. Dan hari ini tanpa disangka, dengan begitu mudah Allah memberikan jalan untuk saya. Satu kebaikan kecil dariNya. Begitu sederhana, begitu indah.
Dari tempat pengembalian buku saya naik ke lantai dua. Kali ini untuk meminjam novel baru. Hati saya seperti terlepas dari beban berat. Tidak butuh waktu lama hingga saya menemukan novel yang menarik hati.

Setelah mengurus peminjaman, saya turun mengambil tas di lantai satu dan mulai membaca di ruang duduk. Tapi cuacanya indah sekali di luar. Saya tidak dapat menolak ajakan angin semilir di luar dinding perpustakaan. Maka aku membeli  cold chocolate dan duduk membaca diantara ruang terbuka dibawah pohon tua depan perpustakaan. Tidak lama kemudian, para violinis memainkan permainan biola yang sungguh ceria lagi mempesona.

Subhanallah, tidak hentinya saya mengucap kata itu sebagai bentuk kekaguman saya atas ciptaan Allah yang luar biasa. Hanya keindahan sederhana, meskipun begitu saya merasa sangat bersyukur dapat menikmati pemandangan indah diiringi alunan biola. Jalinan yang sempurna.

pict taken from : http://3.bp.blogspot.com

Penuh rasa syukur, pikiran berikut muncul begitu saja…
*      Saya bersyukur bisa belajar dan kuliah, di saat banyak orang lain sulit untuk meneruskan studinya, terutama sekali berkesempatan kuliah di Universitas Indonesia.
*      Saya bersyukur dapat menangkap pelajaran dan dibekali fasilitas yang cukup untuk bisa belajar dengan baik.
*      Saya bersyukur bisa bertemu dengan dosen yang banyak mengajarkan filosofi kehidupan, bukan hanya materi tak berkesudahan. Saya percaya Filosofi  penting untuk pembangunan karakter manusia.
*      Saya bersyukur dapat menikmati keindahan seperti ini. Keindahan sederhana yang dapat dirasakan tanpa perlu membayar mahal.
*      Saya bersyukur dapat menghirup udara, bersyukur dapat bernafas dengan baik, bersyukur memiliki kesehatan, dan jutaan hal lainnya yang tidak mungkin dihitung satu per satu.

Ketika mengucapkan hal itu hati saya terasa penuh dan berbahagia. Subhanallah, tak ada kata-kata yang mampu mengungkapkan betapa bersyukurnya saya. Hanya alhamdulillah yang berulangkali terucap. Begitu luas kuasa dan karunia Allah, bahkan hal paling kecil pun di limpahkannya untuk kita, bila kita mau membuka hati, menerima penciptaan sekalian alam olehNya.

pict taken from : suksestotal.com


2 komentar:

Dessy mengatakan...

subhanallah,, syukur itu indah,sahabat

Erwita Ivana Muthia mengatakan...

terima kasih.....mau berbagi pengalaman dalam bersyukur? ^^

Posting Komentar

Forwarding

Always Looking On The Brightside